Kabupaten Banggai

Wilayah Banggai merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah yang beribukota di Luwuk, daerah ini berbatasan dengan Teluk Tomini di utara, Selat Peling di selatan, Kabupaten Poso dan Kabupaten morowlai di barat, dan Kabupaten Banggai Kepulauan di timur.

Luas wialyah daerah ini adalah 9.673 Km2. Kabupaten Banggai terbagi menjadi 8 Kecamatan.Daerah ini memiliki motto Monsu ani tano yanng artinya gemar menanam, karean pertanian telah menjadi pemasok terbesar kegiatan ekonomi daerah ini. Kabuapetn ini merupakan penghasil beras kedua setelah Kabupaten Donggala di Sulawesi Tengah. Di samping tanaman bahan makanan, hasil perkebunan rakyat seperti kelapa dalam, jambu mete, kopi robusta, cengkeh, kakao, kelapa hibrida, dan lada. Untuk komoditi ekspor daearah ini hingga tahun 2006 berupa udang beku 10.398.248 ribu US$, minyak kelapa 8.007.983 ribu US$, dan bungkil kopra 1.220.181 ribu US$.

Banggai dikenal dengan penghasil kopra dan klepa sawit, sebagan besar produksi kopra dan kelapa sawit diserap oleh industri minyak kelapa mentah yang dikelola PT. Bukit Permata Hijau dan PT. Kurnia Luwuk Sejati. Hasil hutan pun tak kalah perannya bagi pertumbuhan ekonomi Banggai, pemasukan itu berasal dari kayu log dan selebihnya rotan,damar, kulit japari, dan kemiri.

Di sektor pariwisata, terdapat Suakamargasatwa Bangkiriang dimana burung Maleo dilindungi, tempat-tempat lainnya yang juga bisa menjadi andalan di antaranya Air terjun Hanga-Hanga, Lembuyan (suakamargasatwa bagi Anoa), Pulau Tikus yang terkenal dengan pasir putihnya, Keraton Banggai, dan Gua Liang.

Dari hasil pertanian dan perkebunan ini berdampak besar juga terhadap perdagangan. Perdagangan menjadi tumpuan mata pencaharian penduduk setelah pertanian. keberadaan infrastruktur berupa jalan darat yang memadai akan lebih memudahkan para pedagang untuk berinteraksi sehingga memperlancar baik arus barang maupun jasa, daerah ini juga telah Bandara Bubung yang terletak di Luwuk, Dua buah Pelabuhan utama yaitu Pelabuhan Bunta dan Pelabuhan Luwuk, serta terdapat berbagai sarana dan prasarana pendukung diantaranya sarana pembangkit tenaga listrik, air bersih, gas dan jaringan telekomunikasi.

2 Tanggapan

  1. mantap pak…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: