Kabupaten Banggai Kepulauan

Kabupaten Banggai Kepulauan adalah salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Salakan. Kabupaten ini memiliki luas wilayah daratan 3.160,46 km² dan wilayah laut 18.828,10 km², dan berpenduduk sebanyak 158.617 jiwa (2009). Secara administratif, Kabupaten Banggai Kepulauan terdiri dari 19 kecamatan, 6 kelurahan dan 187 desa yang terdiri atas 342 pulau dengan 5 pulau sedang yakni Pulau Peleng (luas 2.340 km²), Pulau Banggai (268 km²), Pulau Bangkurung (145 km²), Pulau Salue Besar (84 km²), Pulau Labobo (80 km²) dan 337 pulau-pulau kecil. Panjang pantai 1.714,218 Km.

Kabupaten Banggai Kepulauan terbentuk dari hasil pemekaran berdasarkan UU No. 51 tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Buol, Kabupaten Morowali dan Kabupaten Banggai Kepulauan serta diresmikan tanggal 3 November 1999.

Banggai Kepulauan bergantung pada sektro pertanian, termasuk di dalamya perikanan, lebih dari separuh penduduknya hidup dari sektor ini. Ikan Kerapu hidup merupakan primadona tangkapan nelayan, kerapu macan lebih murah dibandingkan kerapu tikus dan yang termahal ikan napoleon. Selain ikan segar Bangkep juga di kenal akan cumi-cumi keringnya yang sebagian besar dikirim ke Jawa. Selain perikanan, potensi lain yang ada di Kabupaten Bangkep ini meliputi perkebunan dan tanaman bahan pangan. Andalan perkebunan wilayah ini adalah kelapa, cengkeh, kakao, dan jambu mete yang dihsilkan hampir diseluruh kecamatan.

Karena di Bangkep belum ada industri pengolahan yang mampu meyerap hasil perkebunan ini, petani memasarkannya dalam bentuk apa adanya ke luar Bangkep.Seperti halnya kelapa setelah dikeringkan dalam bentuk kopra dikirim ke Luwuk, ibukota Kabupaten Banggai, di kabupaten induk ini terdapat pabrik minyak goreng yang membutuhkan bahan baku kopra sebagian juga dikirim ke Surabaya untuk keperluan yang sama sedangkan jambu mete sebagian besar dibeli oleh para pedangang dari Pulau Jawa.

http://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Banggai_Kepulauan  

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: