Kabupaten Sigi

Kabupaten Sigi terletak antara 0° 52ʹ 16ʺ LS 2° 03ʹ 21ʺ LS dan 119° 38ʹ 45ʺ BT 120° 21ʹ 24ʺ BT dan memiliki wilayah seluas 5.196,02 kilometer persegi terdiri atas 15 kecamatan dimana Kecamatan Kulawi merupakan kecamatan terluas (1.053,56 km2) sedangkan kecamatan terkecil adalah kecamatan Dolo yang hanya memiliki luas 36,05 km2.

Kabupaten Sigi berbatasan langsung dengan Kabupaten Donggala dan Kota Palu di sebelah Utara, Kabupaten Luwu Utara Provinsi Sulawesi Selatan di sebelah Selatan, kemudian Kabupaten Mamuju dan Mamuju Utara Provinsi Sulawesi Barat dan Kabupaten Donggala di sebelah Barat dan Kabupaten Poso dan Kabupaten Parigi Moutong di sebelah Timur.

Keadaan Iklim

Sebagaimana dengan daerah-daerah lain di Indonesia, Kabupaten Sigi memiliki dua musim, yaitu musim panas dan musim hujan. Musim panas terjadi antara bulan April September, sedangkan musim hujan terjadi pada bulan Oktober bulan Maret.

Hasil pencatatan suhu udara pada Stasiun Udara Mutiara Palu Tahun 2009 bahwa suhu udara rata rata tertinggi terjadi pada bulan September (28,8 C) dan suhu udara terendah terjadi pada bulan Juli (26,7 C). Sementara kelembaban udara yang dicatat pada stasiun yang sama berkisar antara 69 80 persen. Kelembaban udara rata-rata tertinggi terjadi pada bulan April yang mencapai 80 persen, sedangkan kelembaban udara rata-rata terendah terjadi pada bulan September yaitu 69 persen.

Curah hujan tertinggi yang tercatat pada Stasiun Mutiara Palu Tahun 2009 terjadi pada bulan Agustus 199,00 mm2, sedangkan curah hujan terendah terjadi pada bulan Februari yaitu 12,8 mm2.

Sementara itu kecepatan angin rata-rata berkisar antara 2 4 knots. Sama dengan tahun sebelumnya, pada Tahun 2009 arah angin terbanyak datang dari arah Utara sepanjang tahun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: